Minggu, 04 Maret 2012

Haji & Umroh


Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah yaitu (bagi) orang yang sanggup melaksanakan perjalanan ke Baitullah. Dan barang siapa mengingkari (kewajiban haji) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan ) dari semesta alam.” ) QS. Ali-Imran 3: 97

Nabi Muhammad SAW bersabda:
Barang siapa melakukan haji tanpa berbuat keji dan tidak fasik, maka ia kembali tidak berdosa sebagaimana waktu ia dilahirkan oleh ibunya.” (Muttafaq alaih)

Pada hakekatnya, ibadah haji dan umroh adalah ibadah yang menekankan pada pergerakan badan (Ibadah Badaniyah). Supaya bisa melaksanakan sesuai dengan tuntunan Nabi, maka penting bagi calon tamu-tamu Allah SWT untuk memahami atau mengetahui bagaimana tata cara dalam pelaksanaan ibdah haji atau umroh. Kewajiban berhaji wajib bagi orang Muslim yang telah mampu (istatha’a) sedangkan Umroh disunatkan bagi setiap muslim yang mampu. Orang yang berhaji sudah pasti melakukan umroh sedangkan orang yang berumroh belum dikatakan berhaji meski ada kemiripan dengan haji dalam tata caranya. Untuk lebih berkesan dalam berhaji atau umroh ada tempat-tempat ziarah yang patut untuk dikunjungi di Makkah dan di Madinah. Dalam buku ini selain tata cara haji dan umroh juga terdapat doa-doa manasik haji dan umroh. Sebuah buku bacaan buat referensi bagi yang mau melaksanakan haji atau umroh sebagai tamu-tamu Allah di haramain. Semoga buku saya yang ditulis bersama sahabat Agus setyobudi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar